Rabu, Desember 09, 2015

Tips Cara Belajar yang Efektif


Tips Cara Belajar yang Efektif - Selamat malam, kali ini saya akan membagikan tips tetang bagaimana cara belajar yang efektif. Tips berikut berdasarkan pengalaman saya pribadi, semoga dapat bermanfaat juga
untuk yang lain.


1.      Kenali Gaya Belajar Anda Sendiri
Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Ada orang yang dapat berkonsentrasi dalam suasana yang tenang, sebaliknya ada pula yang dalam suasa ramai dapat berkonsentrasi, misalnya belajar sambil mendengarkan musik,dll. Masing-masing orang berbeda-beda untuk dapat berkonsentrasi. Saya sendiri lebih menyukai suasana yang tenang untuk dapat berkonsentrasi.

2.      Ciptakan Mood yang baik
Bayangkan kalau mood kita sedang jelek dipaksa untuk belajar, saya yakin belajar pun tidak akan maksimal, konsentrasi pun sulit didapat. Maka dari itu ciptakan mood yang baik sebelum belajar.

3.      Semangat dan Motivasi Diri Sendiri
Motivasilah diri kalian sendiri, kalian harus semangat untuk belajar. Ciptakan paling tidak target yang kalian ingin capai, misalnya mendapatkan nilai atau IPK yang bagus. Hal ini akan mendorong semangat kalian untuk belajar.

4.      Time Management
Atur waktu kalian. Saya yakin kalian punya waktu tapi belum tentu dapat membagi atau mengaturnya dengan baik. Untuk yang satu ini lebih difokuskan bagi kalian yang saat ini sedang bekerja sambil kuliah. Sedikit pengalaman pribadi saya, menyeimbangkan antara pekerjaan dan kuliah tidaklah mudah. Bayangkan saja dari pagi sampai sore kerja, pulang kerja pastinya sudah capek. Tapi disisi lain masih ada tanggung jawab di kuliah. Jadi inilah tantangan buat kalian yang bekerja sambil kuliah. Buatlah jadwal kalian untuk belajar. Jangan belajar dengan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam). Untuk kalian yang saat ini hanya sekolah/kuliah aja waktu kalian juga harus diperhatikan. Atur waktu kalian sebaik mungkin.

5.      Belajar yang Baik Itu Memahami Bukan Menghafal
Selama ini banyak sekali yang belajarnya dengan cara menghafal, termasuk saya hehe. Tetapi ternyata menghafal bukanlah cara belajar yang efektif. Ubahlah cara belajar dari menghafal menjadi memahami apa yang kalian baca.

6.      Buatlah Ringkasan
Bayangkan saat buku pelajaran kalian yang tebalnya minta ampun, mungkin bisa buat bantal tidur kali ya, hehe. Dengan buku yang setebal itu mungkin di awal-awal kita baca masih ingat, tapi kalau sudah di pertengahan buku saya yakin yang dibaca di awal tadi lupa. Lebih baik kita buat ringkasan per bab, inti dari modul yang kita pelajari.

7.      Digest – Telaah
Baca kembali rangkuman yang telah dibuat. Mungkin ada catatan yang belum dipahami. Jika masih ada yang belum paham, silakan mencari info ke sumber lain yang bisa dipercaya, misalnya guru, dosen atau tutor.

8.      Expand – Kembangkan
Kembangkan apa yang telah kalian pelajari. Untuk materi yang banyak hitungannya jangan sungkan untuk banyak berlatih. Semakin sering kita berlatih mengerjakan soal, semakin lebih mudah nantinya dalam menghadapi ujian.

9.      Review – Pelajari Kembali
Mempelajari materi yang telah kalian pelajari, serta mengulangnya kembali. Apabila kita sudah pernah membaca suatu materi dan mengulangnya kembali, hal itu akan memudahkan pemahaman dan pengertian lebih mendalam terhadap materi tersebut.


Demikianlah tips belajar yang dapat saya bagikan. Yang baik silakan diambil, yang buruk janganlah ditiru. Terimakasih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, komentar yang berbau sara akan saya hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.